Otomotif

Modifikasi Knalpot Motor Yamaha Mio Keren dan Maco


Adanya undang –undang yang melarang motor menggunakan knalpot model racing di beberapa daerah membuat banyak pemilik motor menjadi resah dengan modifikasi motor mio yang biasanya dilakukan pada bagian knalpot. Sebagian orang melakukan modifikasi pada bagian knalpot agar memperoleh performa yang lebih baik. Ada beberpa phal yang bisa dilakukan untuk modifikasi knalpot yang bisa membuat performa motor menjadi meningkat tanpa melanggar aturan yang bisa berdampak pada terkena tilang dari polisi.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam meningkatkan performa motor melalui knalpot yang tidak melanggar undang – undang. Hal – hal tersebut antara lain dengan cara bobok knalpot, ganti leher knalpot, ataupun dengan membungkus knalpot racing dengan cover model knalpot standard.

  • Bobok Knalpot

Pengerjaan dengan cara menghilangkan isi di dalam silencer dengan tujuan agar peredaran gas buang yang berasal dari mesin menjadi lebih plong. Pengerjaan ini dilakukan dengan craa membelah silencer terlebih dahulu yang pada akhirnya akan menghasilkan power yang lebih besar. Biaya yang dibutuhkan untuk bobok knalpot sekitar Rp 100.000,- sampai Rp 150.000,- dengan waktu pengerjaan sekitar 2 jam.

  • Ganti leher Knalpot

Melakukan penggantian leher knalpot cocok bagi pemilik motor yang ingin motornya memiliki tenaga yang bertambah tetapi tidak menimbulkan suara knalpot yang berisik. Penggantian dilakukan dengan cara mengganti leher knalpot atas yang terhubung dengan mesin dengan pipa dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran standard. Hal yang kedua adalah mengganti pipa kedua yang terhubung dengan silencer dengan pipa yang lebih besar dari pipa yang pertama. Proses penggantian membutuhka waktu sekitar 1 jam dengan biaya Rp 50.000,- sampai Rp 150.000,-.

  • Cover Knalpot

Penggantian cover knalpot bisa dilakukan bagi pemilik motor yang sudah memiliki setingan knalpot yang sduah sesuai akan tetapi masih memiliki model knalpot yang terlihat racing. Penggantian ini dilakukan dengan cara membungkus knalpot racing dengan knalpot standard ataupun bisa juga dilakukan dengan cara mengcovernya dengan knalpot custom (buatan) yang didesain persis dengan knalpot standar. Proses cover knalpot membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan biaya sebesar Rp 150.000,- sampai 250.000,-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *