Rumah dan Furniture

8 Cara Terbaik Memasang Wallpaper di Ruang Tamu Minimalis

Penggunaan wallpaper di ruang tamu minimalis semakin banyak digemari. Dalam praktiknya sendiri banyak orang kebingungan harus memasang di sebelah mana, sebaiknya bagaimana, dan semacamnya. Sebaiknya Anda tahu dulu kalau wallpaper itu bisa digunakan memakai berbagai cara. Jika Anda ingin menyertakan wallpaper ke dalam ruang tamu tetapi tidak yakin, 8 ide di bawah ini pasti akan sangat membantu.

  • Mengkover Seluruh Dinding

Wallpaper atau yang kita kenal dengan kertas dinding ini sudah mulai dipraktikkan di ruang tamu bergaya minimalis. Alasannya untuk mengganti peran cat dinding dengan hiasan yang lebih cantik dan menarik. Dengan mengkover seluruh dinding, ruang tamu Anda akan tampak lebih berkarakter. Nanti bisa ditambah hiasan lain, seperti hasil sulaman, atau foto keluarga.

  • Pakai Motif yang Sesuai

Motif kertas dinding sangat berpengaruh terhadap jiwa ruang tamu itu sendiri. Pemilihan motif wallpaper sebaiknya sesuai dengan gaya Anda. Sebagai referensi, motif wallpaper 3 dimensi saat ini yang paling diburu, Anda boleh kok ikut-serta. Sebab, dengan menambahkan motif 3 dimensi akan memberi kesan ruang tamu Anda yang minimalis terasa lebih luas.

  • Mengkover Separuh Dinding

Dinding ruang tamu minimalis tentu sangat terbatas. Untuk menyiasatinya, Anda bisa pilih dua cara ketika ingin mengkover separuh dinding: memasang wallpaper di bagian atas dinding atau di bagian bawah. Dengan ini akan menyisakan ruang dinding lain untuk dibiarkan bebas atau dihiasi dengan barang-barang lain.

  • Memasukkan 2 Wallpaper

Mengkombinasikan 2 kertas dinding yang berbeda bisa jadi alternatif lain. Jika Anda mau ruang tamu akan terkesan kuat dan berbeda dari lainnya, pakai motif lajur, atau motif huruf V terbalik, dengan kombinasi warna-warna kesukaan Anda. Yang paling penting, antara dua wallpaper itu tidak boleh bertentangan motifnya, tetapi saling mendukung agar lebih kompak.

  • Pasang Wallpaper di Belakang Furnitur

Misalkan di rumah Anda ada televisi, lemari, atau kotak kaca, tentu barang-barang itu akan lebih hidup ketika Anda memasang kertas dinding di belakangnya. Ini soal selera saja. Tidak harus begini dan begitu. Anda bisa merasakannya sendiri bagaimana barang-barang itu sebelum dikoveri oleh wallpaper dengan sesudahnya. Pasti kesannya berbeda. Lebih matching.

  • Pasang di Langit-Langit

Pemasangan wallpaper paling mudah dilakukan kalau rumah Anda sudah berplafon. Rumah yang berplafon kan sudah bagus? Sebenarnya tidak juga. Plafon hanya membuat rumah tampak rapi, bukan berkarakter. Coba bayangkan ketika ada seorang tamu yang mendongak dan melihat hiasan kertas dinding di langit-langit, apa yang akan ia rasakan? Takjub dan unik!

  • Pasang Wallpaper di Sekitar Lampu

Wallpaper yang dipasang dengan cara ini akan membuat Anda merasakan kembali bagaimana ketika Air Terjun Niagara bisa bersinar ketika malam hari. Efek dari cahaya lampu itu tentu akan menambah ruang tamu Anda yang minimalis jadi tampak mewah. Paduan yang hebat.

  • Pasang Gambar Bercerita atau Abstrak

Wallpaper dengan gambar yang bisa bercerita tentu punya keunggulan tersendiri dibanding cat dinding yang itu-itu saja. Ruang tamu Anda akan jadi layaknya museum yang antik. Kalau Anda tak ingin pasang gambar yang bercerita, Anda bisa kok pasang gambar yang abstrak. Dua pilihan ini akan menjelaskan bahwa ruang tamu Anda memiliki nilai seni yang tinggi.

Pemasangan wallpaper yang tepat akan bisa menyulap ruang tamu minimalis Anda layaknya ruang-ruang di istana. Mungkin Anda akan bertanya-tanya, “Bagaimana kalau musim penghujan datang, sementara dinding gampang jadi rembesan air?” Anda tidak perlu khawatir begitu. Sekarang sudah canggih. Telah banyak beredar wallpaper yang benar-benar bisa jadi alternatif cat dinding. Bahkan ada pula yang bisa menembus pori-pori dinding sebagai pelindung yang aman dari rembesan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *